Search

Senin, 16 April 2012

Manfaat Berwudhu


Sahabat blogger kali ini saya akan mempostingkan kembali posting keren dari sahabat saya tercinta. Karena menurut saya sangat bermanfaat bagi sahabat blogger semua, cekidot aja deh.
Berwudhu
 merupakan salah satu syarat wajib setiap muslim sebelum melakukan ibadah, seperti: sholat, ngaji dll. Sebelum tidur pun sebaiknya kita berwudhu dahulu, agar saat tidur kita mendapat perlindungan dari Allah dikarenakan kita dalam keadaan suci. Dibalik itu semua ternyata berwudhu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun harus dilakukan dengan wudhu yang benar. Oke, disini saya akan menjelaskan bebraoa manfaat berwudhu bagi tubuh kita.


1. Jika kulit kita sering kering, maka tubuh kita akan lebih mudah terinfeksi kuman-kuman, dengan berwudhu berarti kita telah melakukan proses peremajaan/perlindungan kulit termasuk pori-pori kulit yang selalu berhubungan dengan dunia luar.

2. Berkumur, berarti membersihkan rongga mulut kita dari kuman dan penularan penyakit. Berkumur dengan teratur lima kali sehari dapat mencegah kita dari infeksi gigi dan mulut. Sebuah penilitian juag membuktikan bahwa dengan berkumur dapat menjaga mulut bahkan tenggorokan kita dari radang dan menjga kesehatan gusi. Berkumur juga dapat mengencangkan otot-otot wajah kita.

3. Intisyaq. Lubang hidung merupakan tempat yang rentan dihinggapi kuman, dengan Intisyaq (menghirup air kedalam lubang hidung) dan mengeluarkannya kembali dapat membersihkan selaput lendir kita yang tercemari oleh polusi udara. Dan perlu kita tahu, bahwa selaput lendir merupakan lapisan pertahanan awala dari sistem pernapasan kita. Dan penelitian di Universitas Aleksandria juga membuktikan, bahwa orang yang berwudhu secara teratur, maka hidung mereka bersih dari segala jenis bakteri dan kuman.

4. Membasuh wajah, tangan, dan kaki. Dengan cara ini, kita dapat menghilangkan mikroba, keringat yang menempel dari luar.

5. Mengusap telinga, dengan cara ini kita dapat membersihkan kotoran yang menumpuk pada zat lilin yang dikeluarkan oleh telinga. Penumpukan tersebut dapat menyebabkan telinga mengalami penurunan pendengaran bahkan dapat menyerang saraf-saraf telinga.

6. Mengusap kepala dari depan ke belakang sampai tengkuk dan sebaliknya, cara ini dapat mengurangi ketegangan saraf pada kepala kita akibat aktiftas yang padat, dan juga dapat mengurangi debu yang menempel pada kepala dan rambut kita.

7. Membasuh kaki sampai mata kaki, denga membasuh telapak kaki, berarti kita telah memijat kaki kita sendiri dan akan menimbulkan perasaan yang nyaman, karena seluruh urat di kaki berhubungan dengan seluruh anggota tubuh. Dengan cara ini juga kita telah membersihkan kuman-kuman yang bayak bersarang ditubuh kita yang dapat menyebabkan iritasi pada kaki.

Nah... itulah beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan, kalau masih ada kesalahn mohon koreksi dari kalian-kalian yang lebih tahu jangan lupa berkomentar :D .. Terima kasih....

Ditulis Oleh : Arighi // 07.19
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Hanya menampilkan komentar M.A.N.U.S.I.A bukan S.P.A.M . (Promosi, SARA, Kata" Tabu ) Terimakasih.