Search

Minggu, 08 April 2012

Freerun

Selamat siang sahabat blogger. Sudah lama sejak artikel Parkour1 terbit. Kali ini saya akan mengajak sahabat blogger untuk mengenal lebih dalam lagi tentang parkour dan jenis jenis nya. Langsung saja kita mulai , yang saya jelaskan pada kesempatan kali ini adalah Freerun, pada dasarnya freerun hampir sama dengan parkour namun ada yang membedakan sedikit.





Parkour adalah seni tubuh yang mengkondisikan tubuh berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu secepat-cepatnya, namun dalam freerun bukan hanya cepat yang dilihat disini, namun adalah seni keindahan dan keluwesan gerakan dari individu itu sendiri.
Bagian dalam freerun dapat dibedakan dengan kesulitan dasar, menengah dan profesional.
 Pada tahap dasar , kita arus menguasai Vaulting. Kami sudah menjabarkan tetang vaulting beberapa hari yang lalu

INGAT AWALI LATIHAN DENGAN PEMANASAN


 Silakan di lihat VAULTING.

Kemudian menengah .

1. Presicion.

 Lho kenapa ini lagi? Bukannya ini tehnik dasar?. Eiit tunggu dulu precicion di tahap ini memiliki kriteria sendiri. Precicion mengkombinasikan kekuatan , keseimbangan, dan tentu saja mental.
Jarak yang harus di raih dalam Precicion tahap menengah ini berkisar 4 m - 9m.
Cara melakukannya,
- Kalian harus pemanasan (sangat PENTING) - Pusatkan konsentrasi pada pangkal kaki - Lihat titik kalian akan mendarat- kerahkan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak yang diinginkan.




2. Aereal

Gerakan ini adalah kombinasi dari gerakan meroda,. Pasti kalian pernah meroda kan. Pelajari langkah langkah meroda , karena aereal di dasari oleh gerakan meroda, namun tanpa menggunakan tangan. Kesulitan pada gerakan ini adalah bagaimana kalian dapat mencapai daya ledak yang tepat untuk melakukan gerakan ini. Bagi pemula tahap yang harus dilakukan adalah , meroda menggunakan 2 tangan, lalu menggunakan 1 tangan, kemudian dengan tidak ada timming di udara, dan gerakan aereal yang sebenarnya (ada timming saat di udara). 
Cara Melakukan Aereal,
 Ambil ancang ancang secukupnya, jangan terlalu jauh - saat mendekati titik tolak iringkan badan ayungkan tangan dan kaki sekuat mungkin.

3. Wall Run

 Gerakan lari di dinding ini memiliki cara yang mudah namun sangat memukau bila dapat melakukanya. Tehnik ini membutuhkan kecepatan dan keseimbangan, namun juga dipengaruhi oleh bidang dinding dan sol sepatu kita, pilihlah yang sesuai dengan medan. daya tolak sangat mempengaruhi titik jauh kita melangkah di tembok.
Cara melakukannya
 Ancang ancang dan fokus melihat tembok - ambil tolakan sekuat mungkin- jangan biarkan badan dikalahkan grafitasi - ayunkan kaki secepat mungkin

4. Tic Tac

Tic-tac seperti semacam coklat makanan ringan. Tentu saja bukan, tic-tac gerakan cepat untuk menaiki sebuah sudut pada dinding. Trik ini sangat membantu melewati celah celah yang sempit. harus dilakukan dengan sangat cepat. Melakukan lompatan antar dinding.
Cara melakukannya
Tolakan kaki antar dinding ke dinding. dengan cepat dan konsentrasi yang tinggi. Anda pasti bisa melakukannya.



5. Front Flip

Front Flip, dari namanya saja Flip, yang artinya berputar, gerakan ini memungkinkan kita untuk berputar kedepan di udara. Gerakan flip memiliki resiko yang cukup tinggi, sehingga memerlukan latihan yang cukup untuk menguasai gerakan flip, (flip apapun jenisnya).




Cara nya:
Ambil ancang ancang lari secukupnya - ambil langkah akhir , ini berguna untuk momentum - rapatkan kaki sebelum melakukan tolakan - tolakan badan kedepan - bulatkan badan sebulat mungkin - tangan menyentuh lutut saat di udara - mendarat dengan mengimbangi gaya (jongkok).

6. Side Flip

Side flip termasuk fariasi dari flip. Melakukan side flip memiliki tingkat kesulitan paling rendah dari pada flip flip yang lainnya.Intingya adalah memutarkan badan ke arah samping di udara.



Cara melakukannya adalah:

Anda harus ancang ancang terlebih dahulu- loncat dan tolakan tubuh anda memutar kesamping- pastikan pandangan ke bawah - sentuhlah lutut saat di udara- mendaratlah dengan kaki yang bergantian



7. Back Flip

Back Flip atau memutar ke belakang gerakan ini mempunyai tingkat kesulitan tertinggi dan presentasi cidera yang sangat tinggi. Namun jangan takut bila anda sudah menguasai Vaulting Insyaallah resiko cidera akan sedikit. Back flip dapat dilatih dengan menggunakan pembantu teman yang menjaga agar tidak jatuh pada latihan.Guna teman adalah memutar kita ke belakang sampai kita sadar akan putaran yang kita lakukan.

Cara melakukannya :
Siapkan mental anda focus dengan lompatan anda- lentingkan tubuh ke belakang - sampai di udara bulatkan badan dengan tangan menyentuh lutut- pada saat mendarat sadar kan diri anda - ikuti aluran momentum untuk mencegah cidera.




8. Twist


Gerakan memutarkan badan simetris dengan sumbu putar sejajar dengan tubuh. Gerakan ini seperti mur yang sedang di putar. Saya meletakan twist pada urutan terahir adalah karena mudah untuk melakukannya namun jarang orang yang dapat melakukan twist dengan sempurna 
Cara melakukannya adalah:
ancang ancang ( melilitkan tubuh kebelakan) - putar tubuh sekuat dan secepat mungkin mungkin agar mendapatkan momentum. Lakukan putaran mendatar dan mendarat dengan halus.






Mungkin  yang di atas adalah Tahap menengah dengan gerakan dasar. Bila ada masukan  gerakan lain cantumkan saja di Comment. Terimakasih. Salam Blogger.


Ditulis Oleh : Arighi // 22.31
Kategori:

1 komentar:

Hanya menampilkan komentar M.A.N.U.S.I.A bukan S.P.A.M . (Promosi, SARA, Kata" Tabu ) Terimakasih.